Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Kamis, 14 Maret 2013

Belajar Delphi 7 Dasar


 Meskipun Delphi 7 dikatakan terlalu jadul tapi kenyataanya masih banyak penggunanya termasuk saya sendiri , saya masih menggunakan delphi 7 untuk membuat project kecil-kecilan yang nanti saya gunakan untuk kepentingan pribadi saya atau untuk di sharing-kan kembali di blog ini .
Dalam postingan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang amat teramat dasar sekali untuk menggunakan Delphi ini. Boleh dikatakan dari 0 (Enol) yah ini hanya untuk pemanasaan aja

Sebelum memulai praktek saya berikan sedikit pengertian tentang delphi itu, menurut wikipedia Delphi adalah sebuah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)).

Umumnya Delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software. Ia juga yang dikenal sebagai salah satu yang membawa istilah RAD tool, kepanjangan dari Rapid Application Development, saat dirilis tahun 1995 untuk windows 16-bit. Delphi 2, dirilis setahun kemudian, mendukung lingkungan windows 32-bit, dan versi c++, C++Builder, dirilis beberapa tahun kemudian. Pada tahun 2001 sebuah versi linux yang dikenal sebagai Kylix tersedia. Dengan satu rilis baru setiap tahunnya, pada tahun 2002 dukungan untuk Linux (melalui Kylix dan CLX component library) ditambahkan dan tahun 2003 .NET mulai didukung dengan munculnya Delphi.Net (Delphi 8).

Nah itu pengertiannya, sekarang prakteknya mulai dari "Hello World" dulu ya ...
Berikut ini adalah gambaran dari Delphi 7 nya kalau kurang jelas klik aja Gambarnya :



Berikut Rinciannya
  1. Menubar
    Berfungsi untuk mengatur semua control dalam delphi, seperti file, project, run, component, dan lain sebagainya.

  2. Toolbar
    Berfungsi untuk mengatur control save project, run, window, help, dan lain sebaginya

  3. Tab Component

    Berfungsi untuk dapat menggunakan component yang tersedia dalam delphi 7 atau component dari pihak ke-3 (third-party) di mana akan berguna untuk membangun aplikasi kita seperti penggunaan label, textbox, button, checkbox, radiobox, timer, database dan lain sebagainya.

  4. Object Treeview

    Berfungsi untuk melihat object  apa saja yang kita gunakan dari aplikasi delphi kita, di mulai dari root-nya yakni Form, kemudian diikuti child-nya button, pagecontrol, dan lain sebagainya.

  5. Object Inspector

    Berfungsi untuk mengetahui attribut apa saja yang di gunakan dalam component di aplikasi delphi kita.
Oke Sekarang kita lanjut pembutan aplikasi pertama kita.
  1. Anda letakan Edit, dan Button pada form

    Buat form-nya kira-kira seperti ini :

  2. Ganti Attribute Text pada component Edit menjadi "Hello World"

  3. Ganti Attribute Caption pada component Button menjadi "Tampilkan"

  4. Double-Click pada Button1 kemudian Anda tulisankan code berikut :
    1procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
    2begin
    3  showmessage(edit1.Text);
    4end;
Kemudian Anda jalankan aplikasi pertama Anda dengan mengklik RUN pada toolbar atau tekan F9. Dan hasilnya akan seperti berikut:
Jadi deh aplikasi pertama di delphi . Anda bisa mengganti secara langsung tulisan "Hello World" nya menjadi apa saja di Edit box-nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll

About